Siasat Ampuh Agar Anda Tak Ketinggalan Kereta Saat Bepergian

Siasat Ampuh Agar Anda Tak Ketinggalan Kereta Saat Bepergian

Sistem reservasi tiket kereta online memang sangat praktis dan membuat Anda lebih hemat waktu. Karena Anda tak perlu membuang-buang waktu mengunjungi loket stasiun hanya untuk membeli tiket. Kendati demikian, bukan berarti Anda akan terbebas dari risiko ketinggalan kereta. Justru Anda harus tetap mengatur rencana perjalanan dengan teliti agar bisa berangkat naik kereta tepat waktu.

Ketinggalan kereta adalah mimpi buruk yang akan membuang waktu dan uang Anda. Lakukan beberapa siasat ampuh berikut ini supaya Anda tak ketinggalan kereta saat bepergian:

  • Menyiapkan Barang Bawaan Sejak Jauh Hari

Sibuk berkemas bisa membuat Anda terlambat berangkat sesaat sebelum naik kereta. Celakanya, hal tersebut juga bisa semakin parah jika Anda melewati jalanan yang macet. Alangkah lebih baik jika Anda menyiapkan barang bawaan sejak jauh hari sebelum berangkat. Maka Anda pun memiliki waktu untuk memeriksa barang-barang bawaan Anda satu dua hari sebelum berangkat.

  • Mempertimbangkan Kondisi Kemacetan

Kondisi kemacetan parah di jalan kerap menjadi biang keladi utama ketinggalan kereta. Supaya hal ini tidak terjadi pada Anda, maka Anda patut mempertimbangkan kondisi kemacetan secara lebih cermat. Jika Anda akan pergi ke stasiun pada jam pergi atau pulang kerja, alangkah lebih baik jika Anda menyiapkan jeda waktu yang lebih panjang. Tentu lebih baik jika Anda menunggu kereta agak lama daripada harus terburu-buru hingga ketinggalan kereta.

  • Mencetak Tiket Fisik Terlebih Dahulu

Proses pencetakan tiket fisik bisa dilakukan 24 jam sebelum keberangkatan. Untuk menghindari antrean panjang dan kendala lainnya, Anda bisa mencetak tiket fisik satu hari sebelum keberangkatan. Kalau Anda mengalami kendala beberapa jam sebelum keberangkatan kereta, Anda tak perlu terlalu tergesa-gesa karena sudah memiliki tiket fisik.

  • Jika Ingin Mengunjungi Tempat Wisata

Jeda waktu beberapa jam sering membuat orang malas menungu kereta dan memilih mengunjungi tempat wisata di sekitar stasiun. Anda memang bisa melakukan hal tersebut sebagai pengisi waktu senggang. Namun pastikan bahwa Anda sudah mencetak tiket fisik terlebih dahulu. Kemudian pilihlah tempat wisata yang letaknya benar-benar dekat dengan stasiun. Supaya Anda tidak menghabiskan banyak waktu di jalan untuk menuju atau kembali dari tempat wisata tersebut.

  • Jangan Tidur di Stasiun Jika Sendirian

Tidur di stasiun saat melakukan perjalanan sendirian tak hanya meningkatkan risiko tindak kriminalitas. Hal ini juga bisa membuat Anda ketinggalan kereta jika terlalu pulas. Usahakan untuk tetap siaga menunggu kedatangan kereta. Sebagai gantinya, nanti Anda bisa tidur dengan leluasa bila sudah berada di dalam kereta.

  • Selalu Memperhatikan Peringatan Kedatangan

Sesaat sebelum kereta tiba di stasiun atau sebelum berangkat, pasti ada peringatan pengumuman tentang jadwal kereta tersebut. Peringatan tersebut adalah acuan yang wajib Anda cermati. Duduklah di tempat yang membuat Anda bisa mendengar peringatan dengan jelas. Anda juga bisa meminta tolong rekan seperjalanan untuk ikut mendengarkan peringatan kedatangan. Sehingga Anda tidak ketinggalan kereta atau naik ke kereta yang salah.

  • Jangan Terlalu Asyik Mendengarkan Earphone

Asyik mendengarkan musik rupanya juga bisa menyebabkan Anda ketinggalan kereta. Bersantai dengan earphone di telinga memang boleh-boleh saja. Namun Anda juga harus ingat bahwa Anda sedang menunggu kedatangan kereta. Kewaspadaan harus tetap ditingkatkan selama kereta belum datang. Terutama bila Anda sedang melakukan perjalanan sendirian.

Apakah Anda pernah merasakan pengalaman ketinggalan kereta?

Pengalaman tersebut tentu memberikan pembelajaran berharga. Bagi Anda yang belum pernah mengalaminya, Anda harus senantiasa teliti dan tepat waktu supaya terhindar dari kejadian tersebut.

Share this post