Sebaiknya Hindari Minum Air Es Ini Dia Penyebabnya

Sebaiknya Hindari Minum Air Es Ini Dia Penyebabnya

Sebaiknya Hindari Minum Air Es Ini Dia Penyebabnya

Minum air es memang menyegarkan terutama saat matahari sedang terik. Hal ini bahkan sudah menjadi kebiasaan mayoritas masyarakat yang ada di tanah air, sehingga hampir tak bisa dilarang. Padahal ada beberapa alasan kesehatan yang membuat minum air es sebaiknya dihindari.

es

Apa saja alasan tersebut? berikut ini informasinya seperti dilansir laman The Health Site:

  • Nutrisi makanan tidak terserap

Saat Anda makan nasi dan sayur lalu minumnya adalah air es, maka nutrisi yang bermanfaat pada makanan tersebut bisa sia-sia karena tidak terserap maksimal oleh tubuh. Penyebabnya, energi tubuh yang ada habis untuk membuat suhu air es sama dengan suhu tubuh yakni 37 derajat celsius. Jika terus berlangsung seperti itu, Anda terancam kekurangan nutrisi.

  • Sakit tenggorokan

Suhu air dingin memicu terjadi penumpukan mukosa atau lapisan pelindung saluran pernapasan. Hal itu juga rentan membuat tenggorokan infeksi dan sakit. Bahkan batuk-batuk juga bisa menyerang Anda.

  • Detak jantung turun

Suhu rendah air es di dalam tubuh membuat detak jantung terpengaruh dan menurun. Dalam penelitian ditemukan penyebabnya adalah karena saraf vagus terpengaruh.

Saraf vagus merupakan saraf yang berperan penting dalam sistem pergerakan tubuh yang mengendalikan tindakan tubuh responsif. Jadi jika saraf vagus terstimulus maka detak jantung menurun.

  • Pencernaan terganggu

Suhu air es yang terlalu rendah bisa mengganggu proses pencernaan. Suhu rendah itu membuat pembuluh darah mengerut, dan dinding usus pun jadi terganggu kerjanya. Suhu es harus disesuaikan dulu dengan suhu tubuh sehingga sistem pencernaan berjalan dengan baik. Hasilnya beberapa nutrisi makanan tidak terserap dengan baik oleh pencernaan.

Share this post