Penyebab Tubuh Tetap Kurus Walaupun Makan Banyak

Penyebab Tubuh Tetap Kurus Walaupun Makan Banyak

Penyebab Tubuh Tetap Kurus Walaupun Makan Banyak

Orang yang banyak makan namun tubuhnya tetap kurus sering bikin iri dengan kondisinya tersebut. Ada juga sebaliknya, sudah mengurangi makan dan banyak olahraga namun berat badan sulit sekali turun. Peneliti Michael Cowley dari Monash University’s Obesity and Diabetes Institute mencoba menjelaskan secara ilmiah tentang fenomena yang agak aneh tersebut.

mkana

“Evolusi ini mempengaruhi seberapa cepat penyimpanan lemak pada tubuh manusia,” jelas Michael Cowley seperti dilansir laman ABC.

Menurutnya, hal itu tak bisa terlepas dari kondisi nenek moyang manusia saat sedang mengalami masa evolusi dahulu. Berbagai kondisi seperti kelaparan berkepanjangan atau jenis makanan yang diperoleh dalam waktu lama mempengaruhi evolusi tubuh dan sistem pencernaan manusia.

Demikian pula masalah efisiensi pembakaran lemak saat otot bekerja dan menjalankan fungsi tubuh, tambah dia. Evolusi itu akan mempengaruhi genetik manusia yang terus diturunkan hingga generasi selanjutnya. Berat badan dipengaruhi oleh sekira 60-70 persen faktor genetik.

Tentu saja faktor genetik akan berubah perlahan seiring terjadinya pernikahan, percampuran dua genetik bisa menguatkan atau melemahkan sifat tersebut. Tekanan evolusi yang memicu perubahan pun sudah tak ada lagi sebab makanan saat ini mudah diperoleh.

Conwey melanjutkan, bahwa faktor lingkungan adalah hal lain yang menimbulkan adanya fenomena sudah makan banyak namun badan tetap kurus.

“Berat badan kita ditentukan dari faktor genetik dan seberapa banyak kita bergerak serta asupan makanan,” tambah dia.

Ketiga faktor itu saling pengaruh mempengaruhi dalam membentuk tubuh dan berat badan manusia, sampai di titik penyesuaian. Jadilah berat tubuh Anda seperti yang dimiliki saat ini.

Peneliti itu juga menyebutkan bahwa nafsu makan seseorang dipengaruhi oleh genetika. Itulah mengapa ada orang yang nafsu makannya besar, dan ada juga yang tidak.

Share this post