Jenis Makanan Sehat Untuk Perkembangan Janin

Jenis Makanan Sehat Untuk Perkembangan Janin

Menurut kabar yang beredar, wanita yang hamil itu biasanya selalu ingin ngemil. Ya, hal itu memang wajar saja terjadi, sebab mereka membutuhkan asupan nutrisi yang cukup selama masa kehamilannya. Namun yang jadi pertanyaannya, apakah bunda tahu jenis makanan apa sajakah yang bagus untuk perkembangan janin? Nah, biar lebih jelasnya lagi, mari kita simak saja langsung penjelasannya dibawah ini :

  1. Daging Merah

Jenis makanan pertama yang sehat untuk perkembangan janin, yaitu berupa daging merah seperti daging sapi, daging ayam, dan lain sebagainya. Selain bagus untuk janin, daging merah ini juga memiliki kandungan zat besi yang tentu sangat dibutuhkan pada trimester kehamilan ketiga, agar produksi sel darah merahnya tetap stabil. Namun perlu diingat, bahwa daging yang harus bunda konsumsi itu adalah daging yang tanpa lemak, dan harus dimasak dengan cara dikukus atau direbus.

  1. Ubi Jalar

Selain daging merah, ubi jalar juga sangat disarankan untuk dikonsumi oleh ibu hamil selama masa kehamilannya. Menurut para pakar kehamilan, ubi jalar ini memiliki kandungan asam folat yang dapat mendukung perkembangan janin dengan maksimal. Adapun mengenai jenis umbi-umbian lainya yang juga bagus untuk perkembangan janin seperti kentang, singkong, dan lain sebagainya. Namun akan jauh lebih baik lagi, jika umbi-umbian tersebut dimasak dengan cara di rebus.

  1. Bayam

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal pada jenis sayuran hijau yang satu ini? Ya, sayur bayam ini kaya akan kandungan kalsium yang berfungsi untuk pembentukkan jaringan dan tulang bayi. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, bayam ini juga memiliki kandungan asam folat yang berfungsi untuk mencegah cacat lahir, serta bagus untuk perkembangan otak pada janin. Tak hanya bayam, ada juga beberapa jenis sayuran hijau lainnya yang baik untuk perkembangan janin seperti brokoli, kubis, kale, dan lain sebagainya.

  1. Kacang Polong

Jenis makanan berikutnya yang bagus untuk perkembangan janin, yaitu bernama kacang polong. Ya, dibalik ukurannya yang terbilang kecil, namun kacang polong ini kaya akan kandungan nutrisi dan protein seperti zat besi, asam folat, kalsium, kalium, dan fosfor. Selain kacang polong, ada juga berbagai jenis kacang-kacangan lainnya yang direkomendasikan bagi bunda seperti kacang merah, kacang tanah, kacang hijau, dan sebagainya.

Itulah 4 jenis makanan yang bagus untuk perkembangan janin yang harus bunda konsumsi. Dari keempat makanan tersebut, makanan nomor berapakah yang paling bunda sukai?

Share this post