Cara Jitu Jual Rumah Cepat dan Aman

Cara Jitu Jual Rumah Cepat dan Aman

 

Rumah dan tanah merupakan salah satu bentuk investasi yang menjanjikan dibandingkan dengan menyimpan uang di bank dan terpengaruh inflasi, atau membeli emas dengan risiko harga jual kembalinya tidak stabil. Membeli rumah sebagai investasi masa depan lebih banyak memiliki keuntungan daripada kerugian.

Sudah jadi rahasia umum bahwa harga rumah dan tanah selalu mengalami kenaikan. Kalaupun ada yang memengaruhi harga rumah, mungkin itu dilihat dari sisi historis atau lingkungan rumah tersebut berada. Biasanya, rumah yang harganya jatuh adalah rumah bekas terjadinya kejahatan, sedang dalam sengketa, atau yang berlokasi di daerah rawan banjir.

Rumah merupakan aset penting yang pasti dimiliki setiap orang. Sebelum membeli rumah, banyak hal yang harus kita pertimbangkan agar nantinya harga jual kembali rumah tersebut bisa naik beberapa kali lipat dan mendatangkan keuntungan. Hal paling penting yang harus diperhatikan adalah lokasi dan kelengkapan surat rumah.

Semakin bagus lokasi rumah kita berdiri, semakin mahal pula harga jual rumah tersebut, terlebih jika ada rumah dijual di Bandung dekat bandara. Setiap orang pasti akan menjual rumahnya, entah itu karena pindah tempat kerja, bertambahnya kebutuhan ruangan, atau sekadar ingin berganti suasana. Apapun alasannya, pada akhirnya kita pasti ingin rumah kita cepat terjual sebagai modal membangun atau membeli rumah baru.

Menjual rumah ternyata juga tidak semudah yang kita bayangkan. Kita bisa saja menjual rumah dengan harga semurah mungkin, tapi belum tentu semua orang mau membeli rumah yang kita jual. Ada banyak faktor yang menentukan bisa tidaknya sebuah rumah dijual dengan cepat.

Lalu, bagaimana caranya menjual rumah dengan cepat, aman, dan menguntungkan? Mungkin, ada baiknya Anda membaca beberapa poin di bawah ini sebagai panduan agar rumah Anda bisa terjual dengan cepat dan aman.

Jual Melalui Agen

Jika Anda termasuk orang yang tidak ingin repot-repot memasang iklan rumah dijual atau menawarkan rumah Anda di media massa, menggunakan agen jasa jual beli rumah mungkin merupakan cara yang tepat. Karena selain praktis, kita juga tidak perlu khawatir buang-buang waktu dan tenaga untuk meladeni setiap pembeli yang berminat.

Komisi untuk agen jual beli rumah memang biasanya tergolong mahal. Tapi harga itu sebanding, karena rumah yang dijual pasti cepat laku. Apalagi jika kita tidak berpengalaman dalam hal jual beli rumah. Menjual rumah melalui agen adalah salah satu solusi jitu agar rumah terjual dengan cepat dan aman.

Renovasi Bagian Rumah yang Rusak

Agar Anda bisa menjual rumah dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasaran, renovasilah rumah Anda terlebih dahulu. Lakukan perbaikan pada bagian-bagian yang rusak dan tidak layak. Meskipun membeli rumah bekas, setiap orang pasti menginginkan rumah yang mereka beli tidak memiliki kerusakan.

Jika lokasi rumah dijual ada di daerah perumahan murah yang desain dan bentuknya serupa, Anda bisa merenovasi bentuk rumah menjadi dua lantai, mengganti pintu, cat, pagar, atau bahkan mempercantik halaman rumah agar harga rumah bisa didongkrak dengan maksimal.

Mengeluarkan sedikit biaya untuk renovasi dan mempercantik rumah kadang memang harus kita lakukan. Karena selain dapat menaikkan harga jual, hal tersebut juga akan membuat rumah terjual dengan cepat.

Siapkan Foto yang Menarik

Memasang iklan rumah dijual di internet bukan lagi hal yang aneh, saat ini ada banyak situs jual beli rumah yang bisa kita pakai sebagai media untuk menjual rumah. Pada situs tersebut, kita biasanya diminta untuk mengunggah foto setiap bagian rumah.

Agar rumah dapat terjual cepat, pakailah foto yang menarik dan membuat orang ingin membeli rumah kita. Meskipun kenyataannya rumah kita hanya sebuah rumah sederhana di sebuah perumahan murah. Selama foto yang kita gunakan berkualitas dan bagus, orang pasti akan tertarik untuk membeli.

Anda tidak perlu menggunakan kamera canggih dan memiliki spesifikasi mumpuni untuk mendapatkan gambar yang bagus. Cukup dengan mengambil foto dari sudut pandang dan pencahayaan yang tepat, Anda akan mendapatkan gambar yang menarik. Jika orang tertarik, bukan tidak mungkin rumah kita akan terjual dengan cepat.

Terkadang kita ingin menjual rumah dengan cepat karena sedang mengalami suatu masalah yang membuat kita membutuhkan dana segar dalam jumlah yang banyak. Akan tetapi, jangan jadikan masalah kita sebagai alasan kita menjual rumah tanpa memperhatikan harga atau keamanan proses jual beli.

Apalagi jika kita menggunakan jasa makelar tidak resmi untuk membantu kita menjual rumah. Tidak semua makelar dapat dipercaya, sebisa mungkin gunakan jasa makelar dari tetangga atau kerabat yang kita percayai. Jangan hanya karena tergiur ingin rumah terjual dengan cepat kita malah jadi korban penipuan.

Terakhir, jangan memasang harga jual rumah yang tidak masuk akal. Tentukan harga berdasarkan kondisi rumah dan biaya-biaya administrasi yang harus kita keluarkan untuk mengurus surat-surat penting. Pastikan rumah dijual dengan harga wajar agar orang tertarik untuk membeli. Semoga sukses.

Share this post