Cara Ini Bisa Hindari Penyakit Kanker Serviks

Cara Ini Bisa Hindari Penyakit Kanker Serviks

Kanker serviks adalah kanker yang muncul pada leher rahim wanita. Leher rahim sendiri berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina. Semua wanita dari berbagai usia berisiko menderita kanker serviks. Tapi, penyakit ini cenderung memengaruhi wanita yang aktif secara seksual.

serviks

Setelah sakit kanker serviks yang diderita Julia Perez diketahui masyarakat, kesadaran untuk mencari tahu apa sebenarnya penyakit tersebut pun mulai meningkat. Ini terutama dilakukan oleh kaum wanita yang tak ingin mengalami sakit yang sama.

Penyebab yang utama dari timbulnya kanker serviks diketahui adalah infeksi HPV (Human Papilloma Virus). Jadi untuk menghindari penyakit ini salah satu caranya adalah dengan menghindar dari infeksi virus tersebut.

Data medis menunjukkan fakta mengerikan bahwa penyakit kanker serviks ternyata paling banyak kedua diderita oleh kaum hawa setelah kanker payudara. Untuk saat ini, skrining menemukan 1 dari 1000 wanita mengalaminya.

Dalam penjelasannya Prof. Dr. dr. Andrijono, Sp.OG(K), Ketua HOGI menyebutkan bahwa dari >100 tipe HPV, hanya sekitar 20 serotipe dapat memicu kanker. Di Indonesia umumnya serotipe 16, 18 dan 52 yang memicu penyakit. Tak hanya kanker serviks, HPV tersebut juga memicu kanker mulut, nasofarink, vagina, penis dan anus.

“Pencegahan kanker serviks ada yang primer dan sekunder. Pencegahan primer dengan vaksin, dan sekunder dengan skrining,” jelas dr. Andrijono seperti dilansir laman Vemale.com.

Sebagai pencegahan, ada dua cara yang dapat dilakukan yakni pencegahan primer dengan vaksin HPV, dan pencegahan sekunder dengan skrining.

Skrining sendiri terdiri dari IVA (inspeksi asam visual asetat) dan pap smear yang baru bisa dilakukan di tanah air.

Share this post